Bisnis

Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menjatuhkan

Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Menjatuhkan

Colombianutrinet – Kami benar-benar tidak bisa mengharapkan semua orang menyukai kami. Bahkan jika Anda telah berbuat baik, akan ada orang yang akan membenci Anda. Salah satunya sama seperti di lingkungan kerja.

Apalagi di dunia kerja, persaingan yang ketat bukanlah hal baru. Tidak jarang persaingan berakhir dengan terbalik.

Isu mulai dari perbedaan pendapat hingga kecemburuan bisa berujung pada konflik, yang salah satunya akhirnya coba diredam. Apalagi jika menyangkut jenjang karir dan jabatan, apapun bisa dilakukan, meski dengan cara yang tidak sehat.

Apakah Anda mulai merasa rekan kerja Anda berusaha menjatuhkan Anda? Jangan khawatir!

1. Bedakan antara teman dan musuh

Di atas segalanya, Anda harus menjadi orang yang sensitif. Anda harus bisa membedakan orang mana yang bisa Anda anggap teman dan mana yang tidak.

Apakah dia benar-benar baik padamu atau dia hanya baik ketika dia menginginkan sesuatu? Bahkan, sulit untuk membedakan tipe orang ini. Namun, itu akan sangat membantu Anda memutuskan siapa yang dapat Anda percayai di tempat kerja.

Rekan kerja yang berusaha menjatuhkan Anda akan berusaha mencari celah agar Anda tetap terlihat buruk. Karena itu, Anda perlu lebih peka untuk tidak melakukan kesalahan dalam bertindak atau Anda akan menjadi sasarannya.

2. Cobalah untuk menghindari semua konflik

Mungkin Anda berada dalam posisi yang sulit. Meskipun Anda sudah berusaha untuk tidak peduli, di satu sisi, emosi Anda meningkat ketika Anda tahu seseorang ingin menjatuhkan Anda.

Kesabaran adalah kuncinya. Cobalah untuk menghindari ketegangan antara Anda dan rekan kerja dan jangan biarkan mereka memicu konflik baru.

Bagaimanapun, Anda membutuhkan lingkungan kantor yang kondusif untuk melakukan semua pekerjaan. Ikut serta dalam konflik yang ada justru akan menurunkan produktivitas Anda.

Selama rekan kerja yang ingin menjatuhkan Anda terus bertindak dalam batas yang dapat Anda toleransi, sebaiknya tetap diam. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang profesional dengan menghindari semua konflik sebisa mungkin.

3. Latihan untuk memiliki pikiran yang kuat

Di dunia kerja, banyak hal bisa terjadi yang tidak pernah Anda bayangkan. Termasuk memiliki teman baik di depanmu tapi berusaha memukulmu dari belakang. Apa pun yang bisa mereka lakukan. Hal ini tentu saja dapat membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Tekanan adalah tujuan mereka sehingga Anda tidak tahan.

Untuk ini, Anda harus memiliki mental yang kuat. Pertimbangkan situasi ini sebagai bentuk latihan untuk memiliki kondisi pikiran yang lebih kuat.

Jadikan tekanan ini sebagai makanan harian Anda sampai Anda tidak peduli lagi. Dengan cara ini Anda dapat fokus melakukan pekerjaan Anda dengan baik.

4. Dekati dengan baik – baiklah

Kolega yang begitu iri dengan Anda hingga ingin meninggalkan Anda pasti punya alasan tersendiri. Meski persaingan di kantor sangat ketat, bukan berarti Anda membatasi pertemanan dengan karyawan lain.

Pendekatan yang baik dengan pasangan. Hindari membayar sesuatu yang buruk dengan sesuatu yang buruk juga. Anda dapat menawarkan untuk membantunya atau mengajaknya makan siang. Bisa jadi hubungan yang kurang mesra menjadi alasan dia cemburu pada Anda.

Tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu, sehingga hubungan yang tadinya dingin akan semakin baik dan kerjasama antar tim akan semakin erat.

5. Tidak perlu mengadu ke atasan

Dengan adanya perlakuan rekan kerja yang merendahkan Anda, tentunya hal ini akan mempengaruhi lingkungan kerja Anda dan Anda akan merasa kurang nyaman. Ada keinginan untuk menceritakan hal ini kepada atasan Anda.

Anda mungkin berpikir ini adalah jalan keluar terbaik dari situasi ini. Eits, tunggu dulu, tidak perlu. Bahkan, jika Anda mengeluh, itu akan memperburuk situasi Anda. Rekan kerja Anda mungkin lebih buruk karena mencoba menjatuhkan Anda.

Jadilah profesional dan tidak harus menjadi pengadu. Hadapi sendiri masalah ini. Tunjukkan saja dengan prestasi sehingga mereka tidak punya alasan untuk menjatuhkan Anda.

Sumber:

Blitarkota

gaji cyber security

Ide Usaha Sampingan Yang Menguntungkan Untuk Karyawan

Ide Usaha Sampingan Yang Menguntungkan Untuk Karyawan

Colombianutrinet – Menjadi pegawai kantoran seringkali menjadi pekerjaan impian bagi sebagian orang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan setiap orang juga semakin beragam, dan seringkali penghasilan yang diperoleh dengan menjadi karyawan tidak cukup.

Oleh karena itu, banyak orang berusaha mencari penghasilan tambahan melalui berbagai usaha sampingan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu pekerjaannya sebagai karyawan. Untuk membantu Anda menemukan usaha sampingan yang tepat, berikut beberapa rekomendasi ide usaha sampingan yang bisa Anda lakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda dan membutuhkan modal yang relatif minim. Harap tinjau informasi berikut.

1. Membuka usaha makanan ringan

Ide bisnis pertama dari sisi karyawan adalah membuka jajanan atau snack yang bisa menjadi makanan favorit banyak orang untuk mengisi perut disela-sela jam kerja. Jajanan ini bisa bermacam-macam, gorengan, aneka jajanan, roti dengan kacang.

Membuka bisnis ini tidak sulit, Anda bisa memulainya dengan menawarkannya kepada teman atau rekan kantor. Letakkan jajanan tersebut dalam wadah di tempat yang menonjol atau di pantry kantor, di mana karyawan dapat dengan mudah melihatnya dan jangan lupa sertakan juga price list untuk memudahkan pembayaran nanti oleh rekan-rekan Anda.

Modal yang dikeluarkan untuk memulai ini juga tidak harus besar, dimana Anda bisa menjual jajanan buatan sendiri atau jajanan kemasan yang harganya relatif murah. Dengan berjualan menggunakan cara ini, Anda juga tidak perlu mengganggu waktu kerja Anda dan rekan kerja Anda.

2. Membuka usaha siap saji

Ide bisnis kedua dari sisi karyawan adalah membuka bisnis restoran cepat saji yang tentunya juga menguntungkan. Khususnya bagi Anda yang bekerja di kantor seringkali disibukkan dengan segala macam pekerjaan, sehingga Anda tidak punya waktu untuk memasak dan terus-menerus harus mengonsumsi makanan cepat saji yang dapat berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. .

Dengan membuka bisnis makanan cepat saji sendiri, Anda dapat menawarkan berbagai macam masakan rumahan Indonesia yang populer, seperti rendang, ikan arik, atau ayam yang kaya bumbu. Juga, yang paling disukai orang Indonesia adalah saus pedas. Anda juga bisa menambahkan berbagai variasi sambal, mulai dari sambal cumi, sambal teri, sambal matah hingga sambal roa.

Untuk memulai bisnis ini sendiri, Anda bisa menerapkan sistem pre-order, dimana Anda bisa menawarkannya terlebih dahulu kepada rekan-rekan yang sudah ada. Dan setelah pesanan terkumpul, Anda dapat mulai memasak sesuai dengan menu yang telah ditentukan dan diusulkan sebelumnya.

3. Menjadi reseller fashion online

Ide bisnis ketiga dari sisi karyawan adalah menjadi online fashion retailer yang bisa dilakukan melalui internet dan perangkat yang Anda miliki. Untuk menjadi online fashion retailer, Anda harus memiliki kemampuan untuk memasarkan atau menawarkan suatu produk kepada orang lain, baik kepada rekan kerja maupun melalui media sosial kepada followers Anda.

Usaha sampingan ini sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat, karena Anda tidak perlu stok barang terlalu banyak dan hanya memesan produk dari supplier sesuai kebutuhan. Selain itu, modal yang dikeluarkan tidak selalu harus besar, dimana di awal bisnis Anda dapat melakukan pre-order pakaian atau produk pilihan dalam jumlah sedikit, dan jika permintaan tinggi, Anda dapat memesan ulang dari pemasok produk.

Dengan menjadi reseller sendiri, anda bisa menekan modal untuk biaya produksi, dan biasanya dengan membeli dalam jumlah yang cukup, supplier juga akan memberikan penawaran harga yang lebih murah sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Menjadi dropshipper

Ide bisnis keempat dari sisi karyawan adalah menjadi dropshipper, yang juga hampir mirip dengan poin sebelumnya. Namun, perbedaan antara dropshipping dan reseller adalah Anda tidak perlu khawatir tentang penyediaan stok dan memikirkan harga yang tepat untuk suatu produk.

Memang dropshipper adalah distributor yang menghubungkan antara konsumen dan produsen. Dengan cara ini, Anda dapat memproses transaksi jual beli tanpa harus membeli produk dari produsen terlebih dahulu.

Dropshipper juga dapat digambarkan sebagai perantara atau orang yang bertanggung jawab yang bertanggung jawab untuk mempromosikan atau memasarkan produk milik produsen kepada calon konsumen yang sesuai.

Selain hanya membutuhkan modal yang kecil, dengan menjadi seorang dropshipper, Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengirimkan produk ke konsumen yang sudah memesan, karena semua akan dilakukan oleh produsen produk tersebut.

Baca juga:

Bisnis thrift shop

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Teknik Perceived Value

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Teknik Perceived Value

Colombianutrinet – Secara umum Value Perception adalah suatu teknik untuk meningkatkan pendapatan dengan memberikan harga yang lebih tinggi dari produk sejenis. Masukkan harga yang lebih tinggi? Mengapa? Tentu aku bisa. Anda mungkin pernah menjumpai produk di mall yang harganya mahal meski tahu harga asli produk tersebut tidak semahal yang disebutkan. Jadi bagaimana sebuah produk bisa begitu mahal? Tentu saja, jawabannya adalah dengan menggunakan teknik nilai yang dirasakan.

Berkat kualitas dan merek yang Anda miliki, Anda sebenarnya bisa menjual produk dengan harga yang lebih tinggi daripada produk sejenis lainnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa nilai yang dipersepsikan adalah nilai produk yang ada di benak konsumen. Jadi pertanyaannya adalah: bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan mempengaruhi nilai yang dirasakan di benak konsumen? Di bawah ini adalah reviewnya.

1. Menjual produk dengan harga tinggi dan kualitas yang tepat

Cara dan langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk menerapkan nilai yang dirasakan dari teknik ini adalah dengan menjual produk berkualitas tinggi dengan harga tinggi. Sampai saat ini kualitas menjadi acuan bagi setiap orang dan menjadi dasar dalam menentukan harga suatu artikel atau produk. Semakin tinggi kualitas barang, semakin mahal harga produk tersebut. Ini adalah sesuatu yang konsumen akan dan akan selalu percayai. Anda tidak perlu meyakinkan konsumen untuk ingin membelanjakan lebih banyak untuk produk Anda. Karena konsumen sudah bisa menilai dan memahami produk mana yang berkualitas tinggi dengan harga tinggi dan mana yang tidak. Selain itu, konsumen ini secara otomatis akan rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar jika produk yang Anda jual berkualitas baik.

2. Beri saya jaminan

Siapa yang tidak suka membeli barang dengan jaminan. Konsumen sangat membutuhkan jaminan atau timbal balik. Berkat adanya jaminan tersebut, konsumen akan merasa nyaman dan aman selama jangka waktu tertentu. Untuk mendapatkan jaminan ini, konsumen seringkali mengabaikan harga barang yang dibelinya. Di sinilah Anda bisa menerapkan teknik persepsi nilai di mana Anda bisa memasukkan harga tinggi dengan jaminan yang ditawarkan. Berkat adanya jaminan tersebut, pembeli akan semakin percaya diri dan produk Anda bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

3. Bonus menarik bagi nasabah

Selain jaminan, bonus adalah senjata lain yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Konsumen akan dengan senang hati membeli produk bonus. Meskipun ini hanya bonus aksesori, Anda dapat menarik pembeli dengan memberikan bonus ini. Setelah memberikan bonus, Anda dapat menaikkan harga produk berdasarkan kondisi pasar. Biasanya, ketika orang tertarik dengan bonus yang Anda tawarkan, mereka jarang melihat detail harga yang tercantum.

4. Tampilkan fitur produk yang maksimal

Banyak pedagang mengkhianati strategi penurunan harga mereka. Alih-alih mendapatkan lebih banyak konsumen, mereka bahkan tidak bisa meningkatkan penjualan. Faktanya, tidak semua strategi penurunan harga efektif dalam meningkatkan penjualan. Karena itu, pedagang grosir menyarankan Anda untuk tidak mengunduh murah. Jadi, daripada terlalu berfokus pada strategi pengurangan harga, Anda lebih baik fokus pada penambahan dan tampilan fungsionalitas maksimum dari produk Anda. Mengapa? Tentunya begitu konsumen mengetahui fitur maksimal suatu produk, orang akan rela membayar harga tinggi untuk produk Anda. Inilah yang kemudian terjadi dengan smartphone atau smartphone yang memiliki fungsi atau kemampuan maksimal.

Sumber:

Maxmanroe

Istilah Penting Yang Harus Kamu Ketahui Dalam Crypto

Istilah Penting Yang Harus Kamu Ketahui Dalam Crypto

Colombianutrinet – Tertarik masuk ke dunia cryptocurrency? Pastinya kamu wajib mengerti terlebih dulu tentang gimana metode kerjanya, dan istilah dalam crypto yang sering digunakan. Bila tidak, kamu hendak terus menjadi asing serta susah buat berbaur dengan dunia ini.

1. Cryptocurrency

Secara simpel, Cryptocurrency dapat diucap dengan mata duit virtual sebab memanglah secara raga tidak terdapat bentuknya di dunia nyata, tetapi eksis secara digital serta mempunyai nilai dan dapat digunakan selaku perlengkapan transaksi seperti mata duit fiat. Investasi cryptocurrency dipastikan memakai kriptografi sehingga kecil mungkin buat dipalsukan ataupun digandakan.

Saat sebelum Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin pada 2009, cikal bakal Cryptocurrency telah terdapat semenjak 1998. Pada dikala itu Wei Dai mengkonsep sistem distribusi duit elektronik anonim yang diucap B- money. Sehabis Bitcoin lahir, banyak mata duit yang lain mulai bermunculan serta kesimpulannya trend duit kripto ini terus menjadi terkenal.

Cryptocurrency bisa digunakan buat transaksi secara langsung dari satu orang ke orang yang lain. Mata duit ini berlaku dengan nilai yang sama di tiap negeri, sehingga transaksi tidak wajib terbawa- bawa oleh kurs. Tidak hanya kurs, cryptocurrency yang dibentuk di atas teknologi Blockchain juga tidak mengaitkan pihak ketiga, semacam bank, dikala transaksi dicoba. Sehingga tidak terdapat yang pengaruhi nilai transaksi kecuali sesama pengguna.

Tidak hanya digunakan selaku perlengkapan transaksi, cryptocurrency juga kerap digunakan selaku instrumen investasi. Perihal ini diakibatkan sebab nilainya yang fluktuatif, sehingga mereka berharap di setelah itu hari duit kripto yang mereka memiliki hadapi peningkatan harga.

2. Altcoin

Altcoin ialah istilah buat menjuluki seluruh mata duit kripto tidak hanya bitcoin. Semacam yang dikatakan oleh Business Insider, altcoin merupakan mata duit kripto alternatif dari bitcoin. Secara penamaannya juga nampak, altcoin berasal dari kata alternatif serta coin yang maksudnya koin alternatif. Dalam konteks ini merupakan alternatif buat bitcoin.

Altcoin mulai tumbuh semenjak tahun 2011, di generasi awal pengembangannya memakai blockchain yang sama dengan yang dipakai buat bitcoin. Altcoin yang awal timbul diucap dengan namecoin pada April 2011, dimana pengembangannya dicoba dengan mengadaptasi kode bitcoin.

Kedatangan namecoin jadi momentum sejarah serta jadi pembuka jalur. Sebab kemunculannya menampilkan terdapat lumayan ruang buat lebih dari satu tipe koin di pasar kripto. Serta sebab berasal dari bitcoin, hingga biayanya sering kali menjajaki pergerakan harga bitcoin. Tetapi bersamaan dengan terus menjadi dewasanya ekosistem investasi di mata duit kripto, pergerakan harga altcoin juga jadi lebih independen.

3. Blockchain

Banyak orang memahami blockchain lewat cryptocurrency, mereka mulai mencari ketahui blockchain sebab penasaran dengan teknologi yang dipakai buat membangun mata duit kripto. Sehingga tidak cuma buat golongan IT, susunan warga di luar dunia teknologi juga mulai memahami apa itu blockchain.

Blockchain sendiri ialah teknologi yang digunakan selaku sistem penyimpanan digital ataupun bank informasi yang tersambung dengan kriptografi. Oleh sebab itu, zona finansial semacam cryptocurrency sangat sesuai memakai teknologi ini sebab blockchain hendak jadi semacam novel kas digital yang dapat diakses siapapun. Pemakaian blockchain membuat transaksi jadi lebih transparan serta sedikit penyelewengan informasi, semacam suap serta korupsi.

Sumber:

sickforprofit

belajar trading

Tips Bisnis Online Yang Harus Dijalankan Oleh Pemula

Tips Bisnis Online Yang Harus Dijalankan Oleh Pemula

Colombianutrinet – Pertumbuhan teknologi yang terus menjadi kilat membuat banyak sekali akibat positif yang dapat kita bisa, salah satunya merupakan terbukanya peluang bisnis online selebar- lebarnya. Perihal ini diakibatkan oleh berkembangnya media sosial, dikala ini media sosial telah digunakan oleh siapa saja baik golongan atas ataupun dasar. Dengan menjalankank bisnis online nyatanya Kamu hendak lebih bebas dalam mengendalikan waktu kerja, sebab pada dasarnya bisnis online tidak terikat dengan waktu, dan dapat dicoba kapan saja serta dimana saja.

Bisnis online ialah aktivitas jual beli produk ataupun membuka jasa secara online yang dapat diwujudkan dalam sebagian tipe, semacam toko online, social media, web, web, channel Youtube, serta lain sebagainya.

1. Memastikan Produk ataupun Jasa yang Mau Dipasarkan

Panduan melaksanakan bisnis online dari nol yang sangat utama merupakan memastikan produk ataupun jasa yang mau dijual. Kamu wajib mengerti betul dengan produk ataupun jasa yang mau dijalankan pada bisnis online tersebut, sebab bila tidak gimana ingin mengawalinya.

2. Melaksanakan Studi Pasar Terlebih Dahulu

Sehabis mengenali apa produk ataupun jasa yang mau dipasarkan, panduan berikutnya merupakan melaksanakan studi pasar. Studi pasar sangat berarti buat mengenali kemampuan dari bisnis yang hendak dijalankan. Secara pendek, Kamu wajib mengumpulkan sebagian informasi yang dijadikan selaku pondasi bisnis yang kokoh, informasi tersebut bisa berbentuk catatan kata kunci yang kerap dicari oleh banyak orang, mengecek tren di media sosial, serta yang lain.

3. Melaksanakan Studi Kompetitor

Panduan melaksanakan bisnis online berikutnya sehabis melaksanakan studi pasar merupakan melaksanakan studi kompetitor. Perihal ini berperan buat mengenali gimana strategi yang dijalankan oleh kompetitor, sehingga nantinya bisnis yang kita lakukan bisa mengalahkannya. Kamu wajib menekuni gimana cara kompetitor mendekati konsumen, apa saja kelebihan yang dipunyai oleh kompetitor, sampai menganalisa kekurangan kompetitor yang dapat dimanfaatkan jadi nilai tambah pada bisnis online yang hendak Kamu jalankan.

4. Mencari Supplier Terpercaya

Bila Kamu memilah buat membuat bisnis online dengan menjualkan suatu produk ataupun benda, hingga Kamu wajib mencari supplier yang telah terpercaya. Kamu bisa mencari supplier dimana saja, tetapi hendaknya Kamu langsung mendatangi supplier dari tangan awal, supaya keuntungan yang dapat Kamu miliki nantinya lebih optimal.

5. Membuat Brand Bisnis Online

Dalam suatu bisnis online, brand bisa dikatakan selaku nyawa, sebab bila tidak terdapat brand hingga suatu bisnis tidak hendak berjalan dengan baik. Buat itu Kamu wajib memikirkan secara matang menimpa brand ini, yang diartikan dalam brand merupakan bukti diri, logo, ataupun nama dari suatu bisnis yang membedakan bisnis Kamu dengan bisnis orang lain.

6. Membuat Website

Sehabis bisnis online Kamu memiliki bukti diri, logo, serta nama hingga perihal yang wajib dicoba berikutnya merupakan membuat web. Dalam bisnis online, web bisa diibarakan semacam halnya toko raga di bisnis offline. Bagi survei yang dicoba, nyaris 56 persen orang tidak yakin dengan bisnis online yang tidak memiliki web. Buat itu perihal ini sangat dibutuhkan buat membangun keyakinan kepada calon costumer Kamu. Agar lebih mudah ditemukan kamu dapat menggunakan RankPBN sebagai jasa backlink terbaik.

5 Cara Mengelola Uang dengan Aman

5 Cara Mengelola Uang dengan Aman

Colombianutrinet – Ada beberapa cara untuk mengelola keuangan. Salah satunya adalah investasi yang merupakan metode alternatif untuk menyimpan uang dengan tetap dapat menghasilkan keuntungan untuk kebutuhan masa depan. Mengetahui cara berinvestasi yang tepat akan membuat uang Anda semakin bertambah.

 

Berbicara tentang jumlah uang, berinvestasi tidak selalu membutuhkan banyak uang di awal Anda berinvestasi. Ada berbagai jenis investasi yang bisa dimulai dengan Rp 10.000 lho. Keamanan juga terjamin sehingga Anda tidak takut kehilangan uang Anda selama investasi yang Anda pilih resmi dan bersertifikat. cek Kode bank bca

 

Keuntungan mengetahui cara menginvestasikan uang

Mahalnya harga rumah dan banyaknya kebutuhan masa depan menuntut Anda untuk pintar-pintar dalam mengatur keuangan Anda. Selain penghematan, investasi juga patut dipertimbangkan. Anda bisa mendapatkan keuntungan besar atas investasi Anda. Asal dengan cara yang benar untuk menginvestasikan uang.

 

Anda harus ingat bahwa berinvestasi adalah cara mengelola keuangan yang bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam waktu singkat. Berinvestasi bukanlah cara untuk menjadi kaya secara instan. Anda perlu proses untuk mengikuti untuk mendapatkan hasil.

 

5 cara untuk menginvestasikan uang

Jadi, agar uang Anda dapat dikelola dengan benar dan tidak salah dalam memilih investasi, ikuti cara yang benar dan aman untuk menginvestasikan uang untuk masa depan Anda:

 

  1. Tentukan tujuan investasi uang

Sebelum memilih jenis investasi, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan Anda dalam mengelola keuangan. Untuk menentukan tujuan ini, Anda dapat memisahkannya berdasarkan kerangka waktu, yaitu jangka pendek, menengah, atau panjang. Tujuan jangka pendek ini dapat dicapai dalam waktu kurang dari 3 tahun. Jangka menengahnya sekitar 3-5 tahun. Jangka panjangnya lebih dari 5 tahun.

 

Beberapa contoh tujuan keuangan jangka pendek adalah dana liburan akhir tahun, dana mudik, biaya beli kendaraan, bahkan dana untuk uang muka rumah pertama. Tujuan keuangan jangka menengah dapat berupa biaya untuk melanjutkan pendidikan, dana untuk memulai berwirausaha. Tujuan keuangan jangka panjang tersebut antara lain dana pensiun, dana kesehatan, biaya pendidikan anak. Namun, contoh-contoh di atas juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.

 

Dari tujuan keuangan tersebut, Anda mulai menentukan berapa banyak uang yang ingin Anda kumpulkan. Misalnya dana untuk uang muka rumah sebesar Rp 150 juta dengan target waktu 3 tahun. Setidaknya, Anda perlu menyisihkan minimal Rp 4 juta per bulan untuk berinvestasi.

 

  1. Ketahui risiko menginvestasikan uang

Setelah Anda menentukan tujuan Anda, jangan ragu untuk mencari informasi dari berbagai sumber terpercaya. Dari kekayaan informasi ini, Anda akan mendapatkan wawasan tentang risiko dan manfaat berinvestasi. Dengan mengetahui risiko dan keuntungan tersebut, Anda dapat memaksimalkan keuntungan yang Anda inginkan dan menghindari kerugian.

 

Setiap jenis investasi memiliki risiko dan imbalannya sendiri. Berinvestasi dalam saham memiliki manfaat dividen yang besar. Namun, risiko berinvestasi di saham juga cukup tinggi jika perusahaan yang dipilih ternyata bermasalah.

 

Risiko lainnya adalah jangka waktu yang lama untuk menghasilkan keuntungan. Jadi, jika Anda ingin memilih investasi saham, ini dimaksudkan untuk tujuan jangka panjang Anda.

 

Tabungan bank konvensional juga merupakan salah satu bentuk investasi. Risiko menabung di bank ini cukup kecil. Namun, keuntungan yang diperoleh pun kecil, hanya mengacu pada jumlah bunga.

 

  1. Tentukan jenis investasi

Berdasarkan tujuan dan manfaat yang telah Anda tentukan sendiri, kini saatnya memilih jenis investasi yang tepat. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekali lagi, memilih jenis investasi ini sesuai dengan tujuan investasi Anda dan kapasitas dana yang dapat Anda investasikan.

 

Jika tujuan finansial Anda adalah menyiapkan dana pernikahan Rp 100 juta dalam 3 tahun, pilihan investasi yang tepat adalah instrumen risiko menengah-rendah. Anda bisa memilih reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, tabungan konvensional, deposito, atau emas. Saham tidak direkomendasikan untuk tujuan keuangan 3 tahun karena risiko fluktuasi harga terlalu tinggi dalam jangka pendek.

 

Setidaknya itulah urutan investasi dengan risiko paling rendah, dan Anda bisa memulainya dengan dana yang terjangkau yaitu tabungan, deposito, reksa dana, emas, saham, bahkan properti. Bagi investor konservatif, umumnya mereka lebih menyukai investasi yang stabil dan uang yang diinvestasikan tidak berkurang. Ada juga investor moderat yaitu investor yang masih bisa menerima fluktuasi harga, berharap modal awalnya tidak habis seluruhnya dan cukup puas jika investasinya tumbuh di atas tingkat inflasi dan simpanan bank.

 

Investor agresif akan merasa nyaman dengan fluktuasi harga yang tajam karena mereka ingin investasi mereka tumbuh berkali-kali lipat dari bunga deposito (tingkat bebas risiko). Jadi kamu investor apa? Ini juga membantu dalam mencari jenis investasi yang tepat, lho.

 

  1. Buka dan mulailah berinvestasi

Jika Anda telah menentukan tujuan Anda, memahami risiko dan imbalannya, serta telah menemukan jenis investasi yang tepat, inilah saatnya untuk membuka rekening dan mulai berinvestasi. Apakah Anda berinvestasi di tabungan bank atau pasar modal, Anda harus terlebih dahulu membuka rekening sebagai tempat untuk menyimpan dana Anda.

 

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di pasar modal, pembukaan rekening dapat dilakukan melalui lembaga keuangan yang sesuai, seperti perusahaan sekuritas. Sementara itu, untuk berinvestasi di reksa dana, Anda bisa beralih ke perusahaan pengelola investasi. Kini pembukaan rekening, baik untuk menabung di bank maupun untuk bermain di pasar modal menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP dan dokumen persyaratan lainnya.

 

Setelah itu, Anda tinggal mengeluarkan dana awal. Untuk tabungan biasa bisa Rp 100.000 hingga Rp 500.000 untuk pembukaan rekening awal. Begitu juga dengan reksa dana yang modal awalnya bisa di bawah Rp 500 ribu. Pilihan investasi saham dan emas juga bisa dimulai dengan harga kurang dari Rp 500.000. Anda juga dapat memilih beberapa investasi sekaligus. Misalnya saham dan reksa dana atau emas dan tabungan. Ini juga membantu dalam mengurangi risiko.

 

  1. Bagaimana menginvestasikan uang secara teratur

Ini adalah bagian yang tidak kalah pentingnya dari Anda yang telah Anda putuskan untuk diinvestasikan. Lakukan secara rutin dan disiplinlah saat berinvestasi. Anda dapat mengatur rutinitas Anda sendiri yang ingin Anda bangun dan Anda yakin bahwa Anda dapat mendisiplinkannya untuk menaatinya.

 

Misalnya, setiap bulan Anda berinvestasi 500 lakh untuk membeli saham atau reksa dana. Dimungkinkan juga untuk menyetor Rp 2 juta ke dalam rekening tabungan khusus investasi setiap bulan. Jika Anda berinvestasi emas, waktunya bisa lebih fleksibel, yaitu setiap tiga bulan sekali atau setiap enam bulan untuk membeli emas.

 

Harap dicatat bahwa jumlah uang yang diinvestasikan tidak boleh berlebihan. Sesuaikan saja dengan keahlian Anda. Perhitungan umum adalah bahwa dana yang dihabiskan untuk investasi mewakili 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Misal Anda berpenghasilan Rp 5 juta per bulan, maka alokasi dana untuk investasi Anda adalah Rp 1,5 juta per bulan. Alokasi ini dapat Anda masukkan ke dalam berbagai jenis investasi pilihan Anda.