Pengertian dan Contoh Alat Musik Ritmis

Pengertian dan Contoh Alat Musik Ritmis

Colombianutrinet – Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat menghasilkan nada tertentu, tetapi hanya dimainkan dengan iringan irama dan tempo lagu. Beberapa contoh alat musik tersebut antara lain kendang, maracas, simbal, rebana, timpani, segitiga, conga, timpani, alat musik, rebana, kendang dan kendang. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul, namun ada juga alat musik ritme yang dimainkan dengan cara digeser dan digoyang.

1. Kendhang

Alat musik tradisional jawa ini juga merupakan alat musik ritmis yang dimainkan sebagai pengatur irama. Biasanya dimainkan bersama musik gamelan selama pertunjukan wayang, tari jaipong, sinden, atau saree campuran. Ada beberapa jenis kendang, ada ketipung (ukuran kecil), kendang ciblon atau kebar (ukuran sedang) dan kendang kalih (ukuran besar). Semua jenis drum dimainkan dengan mengetuk atau mengetuk.

2. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional Papua yang juga merupakan jenis alat musik ritmis. Dilihat dari cara dimainkan, bentuk, dan bahan pembuatannya, alat musik ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gendang Jawa, hanya saja bentuknya tabung yang panjang dan tipis berarti biasanya dimainkan sambil berdiri. . Tifa sering dimainkan pada saat upacara adat atau festival adat Papua.

3. Tamborin

Tamborin adalah alat musik ritmis tradisional yang dapat menghasilkan 2 suara sekaligus saat dimainkan. Bunyi pertama adalah bunyi derik yang berasal dari benturan logam pada sisi-sisinya, sedangkan bunyi kedua adalah bunyi tawon yang berasal dari selaput. Alat musik ini diketahui berasal dari Eropa, namun alat musik serupa juga ditemukan di belahan dunia lain.

4. Drum

Drum adalah sekelompok alat musik berirama yang terbuat dari kulit atau plastik yang direntangkan di atas lubang tabung dan dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat atau pemukul khusus. Dalam siaran musik rock, pop dan jazz, drum umumnya mengacu pada seperangkat alat musik yang terdiri dari bass drum, snare drum, hi-hat, tom-tom, simbal, dll. Orang yang memainkan drum set ini disebut drummer.

5. Triangle

Triangle juga merupakan contoh instrumen ritme modern. Alat musik berbentuk segitiga logam ini menghasilkan suara ketika dipukul secara eksternal dan internal dengan pemukul logam juga. Triangle biasanya dimainkan untuk musik slow, seperti pop, jazz, atau dangdut. Nah, itulah tadi preview pembahasan kita tentang pengertian alat musik ritmis beserta contoh dan gambarnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan melanjutkan pembahasan kita tentang alat musik harmonik pada artikel selanjutnya.

6. Rebana

Rebana hampir mirip dengan kendang, dari segi bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini. Bahan untuk membuat alat musik ini adalah menggunakan kulit dengan benda-benda kayu dan berbentuk tabung bulat pipih.

7. Kastanyet

Kastanyet adalah alat musik berirama yang agak unik. Kastanye sendiri adalah alat musik berirama yang terbuat dari sepasang serutan cekung dari kayu keras atau gading. Cara memainkan kastanye adalah dengan meletakkannya di tangan kiri, lalu tangan kanan memukul tangan kiri yang memegang kastanyet.

Kastanyet adalah instrumen ritme yang biasa digunakan untuk instrumen perkusi, sepasang tongkat kayu berbentuk silinder yang disatukan untuk menciptakan karakteristik suara bernada tinggi dari musik Latin. Terkadang juga terbuat dari bahan sintetis. Alat musik banyak digunakan untuk mengiringi irama tarian Spanyol.

Referensi:

https://wartapoin.com/